Opor Ayam

sebenarnya ini latepost yah, kapan bikin opornya kapan nulis resepnya.hehehe

Image

Bahan :

  1. Ayam 250 gram
  2. Santan kara kecil 1
  3. Air 500 ml
  4. Minyak 2 sdm
  5. Bawang goreng
  6. Daun salam
  7. Bumbu uleg :
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 2 siung
  • Ketumbar 1 sdt
  • Jinten ½ sdt
  • Garam ¼ sdt
  • Merica butir 1 sdt peres
  • Kemiri 2 butir
  • Kunyit 3 cm

Cara membuat :

  1. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum dan matang
  2. Tambahkan ayam, Aduk.
  3. Masukan santan, tambahkan air,
  4. Tambahkan gula dan penyedap rasa, aduk terus sampai mendidih agar santan tidak pecah
  5. Masak sampai ayam matang
  6. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng

Swieke

Aslinya Swieke itu pakai kodok, tapi disini saya modifikasi dengan ayam,Ala purwodadinan.

Foto049

Bahan :

  1. Merica butir 1 sdt
  2. Bawang purih 3 siung
  3. Garam ¼ sdt
  4. Jahe 3 cm
  5. Ayam 250 gram
  6. Air 250 ml
  7. Tauco 1 sdm
  8. Minyak untuk menumis

Cara memasak :

  1. Haluskan bawang putih,merica, jahe, garam.
  2. Tumis bumbu halus sampai setengah matang kemudian masukkan tauco dalam tumisan, masak sampai matang, tambahi air agar tauco matang, terakhir masukkan gula.
  3. Setelah matang, masukkan ayam potongnya aduk sampai rata, tambahkan air secukupnya, masak sampai ayam empuk dengan api kecil/sedang.
  4. Sajikan dengan taburan bawang putih goreng dan daun seledri, hidangkan dengan lontong/nasi.

Mie Ayam Mutiara (hokkian)

Mi Ayam Mutiara, ada yang belum makan malam? jangan ngiler ya liat mie ayam khas hokian ini. berbeda dengan mie ayam pada umumnya. mie nya saya bumbui dengan bumbu ala chinese food. jadi mie nya sudah punya rasa dan ditambah ayam cincang yang dibumbui saos tiram plus kaldu gurih dari rebusan tulang dan kulit ayam. Resep mie ayam mutiara saya dapat dari seorang executive cheff sebuah restoran.

Image

Resepnya dibawah ini:

  • 150 gr Mie mentah ( kalo saya mie burung dara )
  • 150 gr  Daging ayam ( dari bagian dada, cincang kecil – kecil )
  • 100 gr Sawi hijau ( bok coy,coysim ) potong sesuai selera
  • 100 gr Bawang daun ( di iris serong kasar )

Siapkan mangkok yang biasa untuk bakso atau soto ,kemudian masukan:

  • ½ sdt saos tiram
  • ½ sdt Fish flavored sauce ( kecap ikan )
  • ½ sdt Chicken seasonning ( kaldu ayam berupa tepung ), *skip..karena saya ga suka*
  • 1/2 sdt kecap manis ( yang bugus kecapnya yah ), *skipp karena lupa.haha*
  • ½ sdt Mentega ( yang bagus juga nih jangan asal yah hehe ), *skip..saya pakai mentega untuk menumis ayam dan membuat kuahnya*
  • ½ sdt Saos tomat ( ini juga yang bagus yah )

Kemudian aduk rata lalu sisihkan, selanjutnya,rebus mie mentah tadi sampai matang, *tambahkan minyak sedikit saat merebus agar mie tidak saling menempel* ,juga sayuranya jangan lupa tuh,rebus sampai matang,*jangan lupa pula tambahkan sedikit garam agar warna tetap cantik* setelah itu angkat dan tata kedalam mangkok yang sudah ada bumbunya tadi,lalu aduk rata deh,taburi dengan irisan bawang daun *kalo bawang daun saya campur saat masak kuah . biar wanginya lebih keluar* ,

untuk masak ayam,siapkan bawang putih dan cincang,panaskan mentega,kemudian tumis bawang putihnya sampai harum,kemudian masukan potongan ayam,aduk sampai layu dagingnya,tambahkan sedikit air,taburi sedikit garam *saya ga pakai garam karena saos tiram sudah cukup memberi rasa gurih*, merica,dan ½ sdt saos tiram,aduk lagi,terahir tambahkan sedikit kecap manis,untuk mendapatkan warna coklat,dan mempergurih rasa ayamnya,setelah semua dirasa cukup ,maka angkatlah,dan bisa langsung anda campurkan kedalam mangkuk yang berisi mie tadi.

*untuk kuah, siapkan bawang putih dan cincang,panaskan mentega,kemudian tumis bawang putihnya sampai harum,kemudian masukan tulang dan kulit ayam, tambahkan air kaldu, garam, dan merica, juga kecap ikan. Masak sampai mendidih. Lalu matikan api.*

** berarti tambahan catatan dari saya, sesuai resep saya.

mudahkan? Silahkan modifikasi kalau mau disesuaikan dengan lidah dan bahan yang ada
Sumber Artikel dari: http://dedetea66.blogspot.com/2013/05/mie-ayam-mutiara.html#ixzz2tlmLXDpd

Cap Cay

Cap Cay, Istilah Cap Cay sendiri berasal dari bahasa Hokkian yang arti harafiahnya “Sepuluh Sayuran”  makanan ini memang kaya akan segala jenis sayuran yang dicampur jadi 1.

Image

Bahan:
50 gram wortel, diiris miring
50 gram kembang kol, dipotong per kutum
2 kuntum pakcoy, diiris
8 lembar daunkol, diiris
2 buah ati ampela ayam, diiris tipis
1 butir telor ayam
3 siung bawang putih, geprek, dicincang kasar
1 sendok makan saus tiram 
1/2 sendok makan kecap ikan 
1/2 sendok teh merica bubuk 
1/4 sendok teh gula pasir 
bawang goreng secukupnya 
seledri 2 batang, cincang kasar
1 batang daun bawang, dipotong miring
300 ml air 
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis 

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan daun bawang dan ati ampela. Tumis sampai berubah warna.
  2. Tambahkan wortel, kembang kol, pakcoy dan kol. Tumis sampai layu.
  3. Masukkan saus tiram, kecap ikan, merica bubuk, gula pasir, Aduk rata.
  4. Tuang air. Masak sampai mendidih. Tambahkan Telur, orak arik. Masak sampai matang.
  5. Sajikan dengan taburan daun bawang dan seledri yang dicincang kasar

 

Slenget Ayam

Slenget Ayam, Imitasi dari Slenget Enthok Kang Tanir yang terkenal pedasnya di jogja. karena daging enthok jarang dijual eceran jadi diganti ayam deh, tapi jangan bayangin sepedes slengetnya kang Tanir ya. bagi saya cabe rawit 1 saja sudahmembuat perut melintir dan lidah kepedesan.hehe..saya lebih suka menggantinya dengan pedas merica walaupun di masakan saya ini pakai cabe rawit yang diuleg juga.

Image

 

Bahan :

Dada ayam Ayam 300 gram potong dadu 2×2 cm
1 buah ati ampela iris dadu 2×2

Image

 Kol ¼ buah potong kecil kecil

Image

Margarin 1 sdm untuk menumis
Air secukupnya
Kecap manis secukupnya
Merica secukupnya
Cabai uleg kasar
Gula pasir ½ sdm
Penyedap rasa jika suka

Bumbu uleg :

Bawang merah 4 siung
Bawang merah 2 siung
Garam secukupnya

Image

 

Cara memasak :

  1. Tumis bumbu uleg dengan margarin yang sudah cair sampai harum
  2. Masukan daging dan ati ampela ayam, aduk agar bumbu merata
  3. Tambahkan air dan bumbu – bumbu lainnya
  4. Setelah air mendidih, icipin, masak sampai daging empuk
  5. Masukan kol sesaat sebelum diangkat, masak 3menitan
  6. Angkat dan sajikan

Ekado jadi – jadian

haha.. iya ini sesuatu yang menyamar jai ekado, alias ekado gagal gara gara salah kulit.hiihi

Image

Bahan :

  1. Kulit lumpia
  2. Minyak goreng
  3. Isian :
  • Tepung aci + tepung terigu 1:1, 100 gr
  • Kornet
  • Putih telur 1 butir
  • Daun bawang
  • Kaldu bubuk
  • Uleg (bawang putih 3 siung+merica 10 butir + garam secukupnya)
  • Jamur kancing cincang halus
  • Air secukupnya

Cara memasak :

  1. Isian, ayak tepung bumbu dan tepung aci
  2. Tambahkan bahan isian lainnya, lalu aduk hingga merata dan kalis sampai mudah dibentuk, hati – hati dengan penambahan airnya
  3. Bentuk bulat bulat seperti bakso lalu masukan ke dalam kulit lumpia dan ikat ujungnya dengan benang
  4. Kukus selama 20 menit, setelah matang lalu dinginkan
  5. Panaskan minyak goreng yang banyak, lalu goreng hingga kekuningan
  6. Lepaskan benang dari ekado yang telah matang dengan cara digunting benangnya
  7. Angkat dan sajikan dengan saus sambal dan saus tomat.

Image

 

ekado tanpa kulit (kulitnya habis, jadi lebih mirip cireng)hihihi..

Kolak Pisang Kayu Manis

kolak pisang kayu manis, sweet compote with cinnamon made of starchy fruits, stewed in coconut milk and palm sugar.
cukup menghangatkan di sore dengan sisa sisa wangi setelah hujan, sambil nyicil laporan TA

Image

Bahan :

  1. Pisang kepok kuning 5 buah, potong serong tipis. Tapi jangan terlalu tipis
  2. Gula jawa ½ butir
  3. Gula pasir 1 sdm
  4. Garam secubit kecil
  5. Kayu manis 10cm, potong potong
  6. Santan kara 1 bungkus kecil
  7. Air 1 L

Cara memasak :

  1. Campur semua bahan kecuali pisang
  2. Masak diatas api sedang sambil terus diaduk agar santan tidak pecah
  3. Setelah mendidih, masukan pisang,
  4. Aduk sebentar sampai pisang agak empuk
  5. Angkat dan sajikan.

Gulai Bandeng

Sajian ikan bandeng dengan santan yang berbumbu gule ini pas untuk makan malam

Image

Bahan :

  1. Seekor bandeng presto
  2. Cabe rawit iris halus
  3. 1 cm lengkuas, geprek
  4. Daun salam 2 lembar, sobek
  5. Daun jeruk 3 lembar sobek
  6. serai 1 batang, geprek
  7. minyak untuk menumis 2 sdm
  8. gula pasir secukupnya
  9. santan 200 ml

Bumbu uleg :

  1. 3 siung bawaang putih
  2. 2 siung bawang merah
  3. 1 buah kemiri
  4. 2 cm kunyit
  5. Garam secukupnya

Cara memasak :

  1. tumis bumbu uleg dengan minyek panas sampai harum, jangan lupa masukan Cabe, lengkuas,Daun salam,Daun jeruk, serai
  2. Masukan santan, lalu aduk sampai mendidih, aduk terus biar tidak pecah
  3. Masukan bandeng lalu aduk sebentar
  4. Angkat dan sajikan.

 

Koktail Buah

Sajian segar di siang yang panas.

IMG_4531_copy

Bahan :

  1. Papaya potong bulat/kotak
  2. Bengkoang potong kota
  3. Melon potong bulat/kotak
  4. Nanas potong kecil-kecil
  5. Nata de coco
  6. Sprite
  7. Gula pasir
  8. Sitrunsur
  9. Air

Cara memasak :

  1. Rebus gula dan air, manisnya sesuai selera,
  2. Setelah air mendidih masukan buah dan sitrunsur,
  3. Cicipin rasa asam dan manisnya agar pas,
  4. Angkat dan dinginkan,
  5. Sajikan dengan cara ditambahkan sprite dan es batu.

Lumpia Pisang Keju

Berharap kelak bisa sajiin ini buat ngeteh bersama suami dan berbicara tentang hari yang telah dilalui.

Image

Bahan :

  1. Kulit lumpia 4 buah
  2. Pisang kepok 2 buah, belah 2 memanjang
  3. Keju iris tipis memanjang
  4. Larutan tepung terigu untuk lem
  5. Minyak goreng

Cara membuat :

  1. Tata pisang dan keju dalam kulit lumpia, gulung, dan beri lem tepung terigu di ujungnya.
  2. Goreng sampai kuning kecoklatan.
  3. Sajikan.