Resep Spicy Chicken – Ayam Dingin Segar

Halo urban mama, pernah denger istilah Ayam dingin segar?

Kalau baru denger, coba deh saya tanya, pernah belanja ayam segar di supermarket? Ayamnya pasti disimpan dalam tumpukan es, ataupun frezer.  Nah itulah Ayam dingin segar. Jadi ayam dingin segar adalah daging ayam yang diproduksi dengan cara pendinginan atau pembekuan. Mulai dari penyembelihan sampai ke tangan kita, daging ayam dijaga dalam keadaan dingin (suhu 0 – 4°C).

Kok beku sih? Kenapa? Tahu kan kalau Indonesia itu beriklim tropis dimana bakteri sangat mudah tumbuh, apalagi di daging – daging an. Nah pendinginan / pembekuan ini merupakan cara yang baik untuk menjaga kesegaran daging ayam, serta menghambat pertumbuhan kuman.

Sebagai working wife, alias istri yang bekerja Ayam dingin segar ini ngebantu banget. Membuat hidup saya lebih praktis karena saya tidak perlu ke pasar setiap hari untuk membeli daging ayam segar. Cukup stok daging ayam seminggu sekali. Karena semua penanganannya dalam keadaan dingin, hal ini membuat daging ayam tetap segar. Bahkan setelah disimpan selama 2 hari di chiler dan 6 bulan di frezer, Selain itu juga serbaguna, saat membeli biasanya saya akan minta ke petugasnya untuk memfillet bagian dada, dan memotong kecil kecil di bagian lain, untuk penyimpanan tidak perlu lagi dibersihkan karena mencuci daging ayam itu justru tidak disarankan karena bisa menyebarkan bakteri yang terdapat di daging ayam mnyebar melalui cipratan air. Ga khawatir kotor tuh kalau ga dicuci? Enggak dong, kan saat beli secara fisik sudah bersih. Beneran loh, beberapa kali saya bandingkan beli ayam dingin segar di supermarket lebih bersih, terbukti juga dari air rebusan / air kaldu yang lebih bersih jika dibandingkan dengan ayam yang dibeli di pasar tradisional. Ditambah lagi penangannya dalam suhu 0-4°C sehingga membuat bakteri tidak mudah tumbuh, asal kita tetap menjaga rantai dinginnya. Keunggulan lainnya dari ayam dingin segar ini adalah kita jadi lebih hemat, karena harganya yang cenderung stabil dan biasanya banyak promo kalau di supermarket, bandingkan jika saya biasa membeli daging ayam segar di pasar dengan harga 30rb/ ekor, yang kadang harganya musiman, kalau pas lagi ramadhan dini naik, sedangkan harga daging ayam dingin segar promo stabil di harga 23rb/ekor. Kan lumayan mak sisa 7rb nya bisa dikumpulin buat beli lipstik baru. Hahahaha.

Nah itu celoteh panjang saya tentang ayam dingin segar, sekarang saya akan berbagi resep ala korea dengan menggunakan ayam dingin segar yaitu Korean spicy chicken dan salad ala ala hokben Modifikasi resep dari mb diah didi. Favorit saya dan suami.

IMG-20170516-WA0010

Spicy Chicken
Bahan :
1. 2 potong paha dan 2 potong sayap dari ayam dingin segar
2. Tepung bumbu 3 sdm munjung
3. Tepung terigu 4 sdm munjung
4. Air secukupnya
Bumbu Rendaman :
1. Saus Tiram 1 sdm
2. Kecap asin 1 sdt
3.Kaldu bubuk non msg 1/2 sdt
4. Gula pasir 1/2 sdt
5. Merica secukupnya
6. Garam secukupnya
7. Air 2sdm

Saus :
1. 1 sdt kecap
2. 1sdt madu
3. 1 Sdm saus tomat
4. 3 sdm saus sambal
5. Bawang putih 2 siung, bawang merah 2 siung, uleg halus
6. Merica bubuk 1/2 sdt.
7. Kaldu bubuk 1/2 sdt
8. Air 4 sdm
9. Saus tiram 1 sdm
10. Mentega 1 sdm

Cara membuat:
1. Rendam ayam dalam bumbu selama semalaman (masukan di chiler kulkas) atau min 20 menit.
2. Buat adonan tepung basah dari campuran tepung bumbu dan tepung terigu, ambil 2 sdm campuran tepung + air secukupnya. Sampai teksturnya encer.
3. Celup ayam ke adonan tepung basah, celup ke tepung kering sampai terlapisi semua, celup ke tepung basah, lalu celup ke tepung kering lagi. Tebas pelan2, sampai tepung yang tidak menempel rontok.
4. Lalu goreng dalam minyak panas sampai golden brown. Tiriskan.
5. Panaskan margarin, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, tambahkan semua bahan saus, dan masak dengan api kecil, koreksi rasanya. Jika sudah pas,
6. Masukan ayam dan aduk sampai bumbu tercampur rata. Bisa ditambah taburan wijen sangrai bila suka. Jika dirasa kurang pedas bisa ditambah cabe bubuk.

Resep Salad hokben
Bahan :
1. 1/2 buah wortel iris tipis memanjang seperti batang korek api
2. Kol muda (yang berwarna putih) iris lembut.
3. Garam 1/2 sdt
4. Gula 1 sdt
5. Cuka masak 1 sdt.
Cara membuat :
Campur semua bahan aduk aduk sambil sedikit diremas, Sisihkan.

Bahan Saos salad :
1. Mayonaise
2. Saos tomat / saus pedas
3. Gula 1/3 sdt .
Cara mrmbuat :
Campur semua bahan, aduk aduk..

IMG-20170516-WA0018

Korean spicy chicken siap disajikan dengan nasi dan salad. Yumm….
Ayam dingin segar, Sehat Praktis Serbaguna. I love Ayam dingin segar.

Advertisements

Bihun Goreng

Selamat sarapan …
tadi sempat khawatir bihunnya bakalan jadi lembek karena terlalu lama direndam dalam air panas, ternyata semua baik – baik saja. beruntunglah tekstur bihunnya masih kenyal.

Image

Bahan :

  1.        Bihun 1 papan
  2.        Wortel potong korek api
  3.        Daun bawang 1 lenjer
  4.        Bawang goreng
  5.        Telor 1 butir
  6.        Seledri dicincang kasar
  7.        Saus tiram 1 sdm
  8.        Bumbu uleg : bawang putih 3 siung, merica 15 butir, garam secukupnya (lebih baik sedikit saja, karena saus tiram rasanya gurih.)
  9.        Margarin untuk menumis
  10.        Kecap hitam

Cara membuat

  1.        Panaskan margarin lalu tumis bumbu halus sampai wangi
  2.        Masukkan daun bawang, aduk sampai layu lalu masukan wortel
  3.        Tambahkan air sedikit, dan saus tiram, aduk.
  4.        Masukan telur lalu orak – arik. Cicip rasanya.
  5.        Setelah sayuran matang, masukan bihun, tambahkan kecap lalu
  6.        Aduk agar merata,masak sampai tanak
  7.        Angkat dan sajikan
  1.        Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng dan seledri.

Tahu Segar

Tahu Segar. yang ini adalah edisi pengen ngemil saat sakit tenggorokan. a healthy snack. looks like gehu or tahu susur but no wheat flour and fatty oil.

Image

Bahan :

  1.        Tahu pong 4 buah
  2.        Wortel 2 buah iris korek api
  3.        Tauge 2 genggam
  4.        Bawang putih 2 siung, cincang
  5.        Bawang merah 3 siung, cincang
  6.        Merica bubuk
  7.        Garam secukupnya
  8.        Gula secukupnya
  9.        Penyedap rasa
  10.        Air sedikit

Cara memasak :

  1.        Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2.        Masukan tauge dan wortel, tambahkan air, aduk
  3.        Tambahkan garam, gula, merica dan penyedap rasa
  4.        Masak sampai sayuran empuk. tunggu agak dingin, lalu
  5.        Masukan ke dalam tahu pong yang telah dibelah tengah.
  6.        Tambahkan seledri sepetikan, sajikan dengan cabe rawit.

Chicken Katsu Saus Teriyaki

Niatnya sih bikin KFC bento.hihi.. krispy dari chicken katsu yang disiram dengan legitnya saus teriyaki ditambah segarnya acar wortel *better if you put Hokben’s Salad on it.

Image

Bahan :

Chicken katsu :

  1.        Dada ayam fillet 1 buah
  2.        Tepung 1 : Tepung terigu 2 sdm + air
  3.        Tepung 2 : Tepung terigu 2 sdm + 3 sdm tepung bumbu, campurkan kering
  4.        Merica bubuk
  5.        Garam
  6.        Minyak goreng
  7.        Jeruk nipis ½ biji

Saus :

  1.        Bawang bombay 1/6 buah
  2.        Bawang putih 1 siung
  3.        Saus teriyaki 1/2 sdt
  4.        Saus tiram ½ sdt
  5.        Larutan maizena 1 sdm
  6.        Air secukupnya

Cara membuat :

  1.        Lumuri ayam dengan jeruk nipis, garam dan merica secukupnya. Diamkan 10 menit
  2.        Masukan ke campuran tepung 2 sampai terbalut semua
  3.        Lalu celupkan ke tepung 1 dan kembali celupkan ke tepung 2
  4.        Tebaskan sisa tepung yang tak menempel agar tak mengotori minyak
  5.        Goreng dalam minyak panas dan banyak, saat ayam sudah masuk ke penggorengan kecilkan apinya.
  6.        Goreng sampai kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Saus :

  1.        Cairkan margarin
  2.        Tumis bawang bombay dan bawang putih dalam margarin
  3.        Tambahkan air
  4.        Masukan saus teriyaki dan saus tiram, masak sampai mendidih dan icipin
  5.        Tambahkan larutan maizena untuk mengentalkan.
  6.        Masak sampai meletup letup dan angkat

Saran penyajian :

  1.        Potong chicken katsu sesuai selera
  2.        Letakkan diatas nasi panas dalam mangkok
  3.        Siramkan saus diatasnya.
  4.        Sajikan dengan acar wortel atau salad ala hokben.

Hot Chicken Steak

Hot Chicken Steak, Steak ayam dengan rasa yang pedas disiram dengan saus ala Warung Steak n Shake. huah kalau habis yoga makan ginian kira – kira ngefek ga yah?aiaiaia…

Image

Bahan :

Chicken steak :

  1. Dada ayam fillet 2 buah
  2. Tepung 1 : Tepung terigu 2 sdm + air
  3. Tepung 2 : Tepung terigu 2 sdm + 3 sdm tepung bumbu, campurkan kering
  4. Merica bubuk
  5. Garam
  6. Minyak goreng

Cara membuat :

  1. Lumuri ayam dengan  garam dan merica secukupnya. Diamkan 10 menit
  2. Masukan ke campuran tepung 2 sampai terbalut semua
  3. Lalu celupkan ke tepung 1 dan kembali celupkan ke tepung 2
  4. Tebaskan sisa tepung yang tak menempel agar tak mengotori minyak
  5. Goreng dalam minyak panas dan banyak, saat ayam sudah masuk ke penggorengan kecilkan apinya.
  6. Goreng sampai kecoklatan, tiriskan.

Saus :

1. bawang putih 3 siung, cincang

2. bawang merah 2 siung, cincang

3. bawang bombai 1/4 butir, cincang

4. saus tiram 1 bungkus

5. saus bangkok, bisa diganti saus tomat/pedas manis

6. kecap manis

7. merica bubuk sesuai selera

8. garam 1/2 sdt

9. gula 1/2 sdt

10. tomat 1 buah kecil, rebus, buang biji dan kulitnya lalu cincang

11. margarin untuk menumis

12. larutan maizena untuk mengentalkan

cara membuat :

1. tumis bawang merah,putih dan bombai dengan margarin cair sampai harum.

tambahkan air, masukan tomat dan bumbu bumbu lain.didihkan

2. kentalkan dengan larutan maizena, masak sampai meletup – letup.

3. angkat dan saring.

saran penyajian :

1. tata daging diatas piring saji

2. tambahkan saus

3. tambahkan pelengkap wortel rebus dan kentang goreng

porsi 2 orang, bumbu silahkan disesuaikan selera

Bihun Kuah Oriental

Image

Bahan :

  1. Bihun 1 papan, rendam dalam air mendidih beri sedikit minyak goreng, setelah empuk, angkat lalu tiriskan.
  2. Wortel iris panjang seperti korek api. 1 buah
  3. Kol iris memanjang ¼ buah
  4. Daun bawang 1 lenjer
  5. Bawang goreng
  6. Sosis iris serong 3 buah
  7. Telor 1 butir
  8. Seledri dicincang kasar
  9. Kecap ikan ½ sdm
  10. Saus tiram 1 sdm
  11. Bumbu uleg : bawang putih 3 siung, merica 20 butir, garam secukupnya (lebih baik sedikit saja, karena kecap ikan rasanya asin dan saus tiram rasanya gurih.)
  12. Margarin untuk menumis

Cara membuat :

  1. Panaskan margarin lalu tumis bumbu halus sampai wangi
  2. Masukkan daun bawang, aduk sampai layu lalu masukan wortel dan kol
  3. Tambahkan air (agak banyak, karena ini masakan berkuah), kecap ikan saus tiram, aduk.
  4. Masukan telur lalu orak – arik. Cicip rasanya.
  5. Setelah sayuran matang, masukan bihun
  6. Aduk agar merata,
  7. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng dan seledri.

Pancake tanpa telur saus coklat

pancake time..pancake sehat ga pake telur nih *aslinya gara – gara ngirit* hahaha

Image

Bahan :

  1. Terigu 100 gr (tanpa merk, biasa beli di warung kelontong)
  2. Margarin cair 1 sdm (dari ½ sdm margarin palmia dipanaskan)
  3. ½ sdt baking powder double acting
  4. 2 sdm susu bubuk full cream (dancow)
  5. Air secukupnya
  6. Gula 1 sdm
  7. Garam sedikit
  8. Vanilla bubuk 1/2 sdt (boleh di skip, penambah aroma)

Cara membuat :

  1. Campur Terigu, baking powder double acting, susu bubuk full cream, Gula, Garam sedikit, Vanilla aduk rata
  2. Tambahkan air dan mentega cair, aduk sampai tidak ada pentolan tepung dan adonan berbentuk seperti lumpur, jangan terlalu encer dan kental.
  3. Panaskan sedikit margarin diatas teflon, sedikit saja. Kalau kebanyakan membuat pancake menjadi berminyak. Tuangkan 1 sendok sayur adonan diatas teflon
  4. Masak sampai agak coklat dan bagian atas permukaannya bolong bolong
  5. Balik dan masak sisi sebaliknya sampai coklat. Lalu angkat
  6. Sajikan dengan saus coklat : coklat merk apa saja tim diatas panci sampai meleleh sambil terus diaduk agar tidak gosong. Atau bisa diganti creamer coklat. Taburi sprinkle diatasnya

Catatan : cara mengetim : didihkan air diatas panci besar lalu letakkan panci kecil berisi coklat yang sudah dipotong kecil – kecil di dalam air mendidih.

Telur Bakar

terinspirasi dari telur bakar penyetan “selera” yang menggugah selera makan.

Image

Bahan :

  1. Telur 1 butir
  2. Merica ¼ sdt
  3. Garam secubit kecil
  4. Margarin secukupnya
  5. Kecap secukupnya

Cara membuat :

  1. Kocok telur bersama merica dan garam
  2. Panaskan margarin diatas teflon hingga mencair
  3. Goreng telur sampai matang, setelah matang
  4. Tambahkan kecap diatasnya dan ratakan
  5. bakar diatas teflon anti lengket sampai agak hitam kecoklatan.
  6. Sajikan dengn sambal tomat mentah : tomat 1 buah yang kecil, garam dan trasi secukunya, bawang putih 1 siung, cabe merah keriting 4 buah, cabe rawit 2 biji. Uleg kasar.

Opor Ayam

sebenarnya ini latepost yah, kapan bikin opornya kapan nulis resepnya.hehehe

Image

Bahan :

  1. Ayam 250 gram
  2. Santan kara kecil 1
  3. Air 500 ml
  4. Minyak 2 sdm
  5. Bawang goreng
  6. Daun salam
  7. Bumbu uleg :
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 2 siung
  • Ketumbar 1 sdt
  • Jinten ½ sdt
  • Garam ¼ sdt
  • Merica butir 1 sdt peres
  • Kemiri 2 butir
  • Kunyit 3 cm

Cara membuat :

  1. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum dan matang
  2. Tambahkan ayam, Aduk.
  3. Masukan santan, tambahkan air,
  4. Tambahkan gula dan penyedap rasa, aduk terus sampai mendidih agar santan tidak pecah
  5. Masak sampai ayam matang
  6. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng

Swieke

Aslinya Swieke itu pakai kodok, tapi disini saya modifikasi dengan ayam,Ala purwodadinan.

Foto049

Bahan :

  1. Merica butir 1 sdt
  2. Bawang purih 3 siung
  3. Garam ¼ sdt
  4. Jahe 3 cm
  5. Ayam 250 gram
  6. Air 250 ml
  7. Tauco 1 sdm
  8. Minyak untuk menumis

Cara memasak :

  1. Haluskan bawang putih,merica, jahe, garam.
  2. Tumis bumbu halus sampai setengah matang kemudian masukkan tauco dalam tumisan, masak sampai matang, tambahi air agar tauco matang, terakhir masukkan gula.
  3. Setelah matang, masukkan ayam potongnya aduk sampai rata, tambahkan air secukupnya, masak sampai ayam empuk dengan api kecil/sedang.
  4. Sajikan dengan taburan bawang putih goreng dan daun seledri, hidangkan dengan lontong/nasi.