Resep Chicken Black Pepper – Ayam Dingin Segar

Halo urban mama, pernah denger istilah Ayam dingin segar?

Kalau baru denger, coba deh saya tanya, pernah belanja ayam segar di supermarket? Ayamnya pasti disimpan dalam tumpukan es, ataupun frezer.  Nah itulah Ayam dingin segar. Jadi ayam dingin segar adalah daging ayam yang diproduksi dengan cara pendinginan atau pembekuan. Mulai dari penyembelihan sampai ke tangan kita, daging ayam dijaga dalam keadaan dingin (suhu 0 – 4°C).

Kok beku sih? Kenapa? Tahu kan kalau Indonesia itu beriklim tropis dimana bakteri sangat mudah tumbuh, apalagi di daging – daging an. Nah pendinginan / pembekuan ini merupakan cara yang baik untuk menjaga kesegaran daging ayam, serta menghambat pertumbuhan kuman.

Sebagai working wife, alias istri yang bekerja Ayam dingin segar ini ngebantu banget. Membuat hidup saya lebih Praktis karena saya tidak perlu ke pasar setiap hari untuk membeli daging ayam segar. Cukup stok daging ayam seminggu sekali. Karena semua penanganannya dalam keadaan dingin, hal ini membuat daging ayam tetap Segar. Bahkan setelah disimpan selama 2 hari di chiler dan 6 bulan di frezer, Selain itu juga Serbaguna, saat membeli biasanya saya akan minta ke petugasnya untuk memfillet bagian dada, dan memotong kecil kecil di bagian lain, jadi saat mau memasak hanya perlu diturunkan dari frezer ke chiler dan tinggal plung plung. Sangat pas untuk masakan ala Indonesia, chinese maupun western food.  Untuk penyimpanan tidak perlu lagi dibersihkan karena mencuci daging ayam itu justru tidak disarankan karena bisa menyebarkan bakteri yang terdapat di daging ayam mnyebar melalui cipratan air. Ga khawatir kotor tuh kalau ga dicuci? Enggak dong, kan saat beli secara fisik sudah bersih. Beneran loh, beberapa kali saya bandingkan beli ayam dingin segar di supermarket lebih bersih, terbukti juga dari air rebusan / air kaldu yang lebih bersih jika dibandingkan dengan ayam yang dibeli di pasar tradisional. Ditambah lagi penangannya dalam suhu 0-4°C sehingga membuat bakteri tidak mudah tumbuh, asal kita tetap menjaga rantai dinginnya. Keunggulan lainnya dari ayam dingin segar ini adalah kita jadi lebih hemat, karena harganya yang cenderung stabil dan biasanya banyak promo kalau di supermarket, bandingkan jika saya biasa membeli daging ayam segar di pasar dengan harga 30rb/ ekor, yang kadang harganya musiman, kalau pas lagi ramadhan dini naik, sedangkan harga daging ayam dingin segar promo stabil di harga 23rb/ekor. Kan lumayan mak sisa 7rb nya bisa dikumpulin buat beli lipstik baru. Hahahaha.

Nah itu celoteh panjang saya tentang ayam dingin segar, Kali ini saya akan share resep praktis nan menggoda untuk bekal anak sekolah atau bekal suami ke kantor atau yang masih jomblo, bekal buat diri sendiri.
Chicken Black peppaaa..
Bahan :
1. Ayam dingin segar bagian dada, buang tulangnya dan potong dadu.
2. Saus lada hitam instan
3. Saus tiram 1 sdt
4. Garam sejumput kecil
5. Bawang bombay 1 buah potong kotak
6. Paprika merah setengah buah, potong kotak
7. Air sedikit
8. Minyak goreng untuk menumis.
9. Bawang putih 2 siung, geprek lalu cincang

Cara membuat :
1. Tumis bawang putih sampai harum, masukan bawang bombay. Aduk sampai agak layu.
2. Masukan potongan ayam lalu tambahkan saus lada hitam, saus tiram, garam, air. Airnya dikit aja, karena nanti air kaldu dari daging ayamnya keluar.
3. Masak sampai ayam berubah warna dan kaldu ayam keluar.
4. Tambahkan paprika. Aduk aduk dan diamkan sebentar, paling 1 menit lah.
5. Angkat dan sajikan.


15219597_10209991414159238_7965958412837191759_n

Mudah dan praktis kan? yuk smart mom mulai hari ini konsumsi Ayam dingin segar, untuk info dan tips serta resep seputar daging ayam, silahkan kunjungi web https://ayamdinginsegar.com/

Advertisements

Resep Garang Asem – Ayam Dingin Segar

Halo urban mama, pernah denger istilah Ayam dingin segar?

Kalau baru denger, coba deh saya tanya, pernah belanja ayam segar di supermarket? Ayamnya pasti disimpan dalam tumpukan es, ataupun frezer.  Nah itulah Ayam dingin segar. Jadi ayam dingin segar adalah daging ayam yang diproduksi dengan cara pendinginan atau pembekuan. Mulai dari penyembelihan sampai ke tangan kita, daging ayam dijaga dalam keadaan dingin (suhu 0 – 4°C).

Kok beku sih? Kenapa? Tahu kan kalau Indonesia itu beriklim tropis dimana bakteri sangat mudah tumbuh, apalagi di daging – daging an. Nah pendinginan / pembekuan ini merupakan cara yang baik untuk menjaga kesegaran daging ayam, serta menghambat pertumbuhan kuman.

Sebagai working wife, alias istri yang bekerja Ayam dingin segar ini ngebantu banget. Membuat hidup saya lebih Praktis karena saya tidak perlu ke pasar setiap hari untuk membeli daging ayam segar. Cukup stok daging ayam seminggu sekali. Karena semua penanganannya dalam keadaan dingin, hal ini membuat daging ayam tetap Segar. Bahkan setelah disimpan selama 2 hari di chiler dan 6 bulan di frezer, Selain itu juga Serbaguna, saat membeli biasanya saya akan minta ke petugasnya untuk memfillet bagian dada, dan memotong kecil kecil di bagian lain, Jadi kalau maska tinggal plung, dan bisa diolah menjadi aneka olahan ayam baik secara tradisional maupun ala resep mancanegara. Untuk penyimpanan tidak perlu lagi dibersihkan karena mencuci daging ayam itu justru tidak disarankan karena bisa menyebarkan bakteri yang terdapat di daging ayam menyebar melalui cipratan air. Ga khawatir kotor tuh kalau ga dicuci? Enggak dong, kan saat beli secara fisik sudah bersih. Beneran loh, beberapa kali saya bandingkan beli ayam dingin segar di supermarket lebih bersih, terbukti juga dari air rebusan / air kaldu yang lebih bersih jika dibandingkan dengan ayam yang dibeli di pasar tradisional. Ditambah lagi penangannya dalam suhu 0-4°C sehingga membuat bakteri tidak mudah tumbuh, asal kita tetap menjaga rantai dinginnya. Keunggulan lainnya dari ayam dingin segar ini adalah kita jadi lebih hemat, karena harganya yang cenderung stabil dan biasanya banyak promo kalau di supermarket, bandingkan jika saya biasa membeli daging ayam segar di pasar dengan harga 30rb/ ekor, yang kadang harganya musiman, kalau pas lagi ramadhan dini naik, sedangkan harga daging ayam dingin segar promo stabil di harga 23rb/ekor. Kan lumayan mak sisa 7rb nya bisa dikumpulin buat beli lipstik baru. Hahahaha.

Biasanya sehari sebelum dimasak, ayam dingin segar saya turunkan dari frezer ke chiler agar saat dimasak tidak dalam keadaan beku, dan lebih mudah mengolahnya.

Nah itu celoteh panjang saya tentang ayam dingin segar, sekarang saya akan berbagi resep pertama saya dengan menggunakan ayam dingin segar yaitu Garang Asem..
Bahan :
1. Bawang merah 4 siung, iris tipis
2. Bawang putih 3 siung, iris tipis
3. Cabe rawit utuh 5 buah
4. Daun salam 3 buah
5. Lengkuas 2 potongan tipis
6. Gula pasir 1 sdt
7. Garam 1/2 sdt
8. Vetsin secukupnya bila suka
9. Tomat hijau 2 buah iris kecil-kecil
10 belimbing wuluh 2 biji, iris tipis
11. Air kaldu secukupnya ( air rebusan tulang ayam atau bisa diganti dengan kaldu bubuk + air)
12. Minyak goreng untuk menumis
13. Ayam dingin segar  1/2 kg yang telah diturunkan dari frezer (tidak dalam keadaan beku ) potong kecil – kecil.
Cara membuat :
1. Tumis bawang merah, bawang putih, salam, lengkuas sampai wangi
2. Masukan air kaldu, tunggu sampai hampir mendidih, lalu masukan ayam dingin segar.
3. Masukan tomat n belimbing wuluh.
4. Tambahkan, garam, gula, vetsin
5. Koreksi rasa. angkat dan sajikan.

14721596_10209691530422332_747431300328755007_n

Mudah dan praktis kan? yuk smart mom mulai hari ini konsumsi Ayam dingin segar, untuk info dan tips serta resep seputar daging ayam, silahkan kunjungi web https://ayamdinginsegar.com/