Tips Dapur Urban mama

Kali ini mau sharing aja dunia rumah tangga, terutama dunia perdapuran, kalau soal keuangan kok ya masih malas buat nyatet pengeluaran pemasukan ya.. hehehe. Padahal ini penting juga biar ga gampang ngerasa “ loh, Uangku udah habis aja, kemana aja nih” huhuhu

Saya dan suami sama – sama bekerja, saat ini kami masih berdua.  Ini saya mau bagi cara saya untuk menghemat waktu memasak, hampir setiap hari saya masak. Kecuali weekend, kadang kita jajan. Tapi ya jarang banget sih. Selain seporsi jajan yang kadang kalau masak sendiri bisa buat berdua, disini ga banyak makanan yang cocok di lidah kami.

Pertama, masalah perlaukan. kami belanja di pasar setiap hari sabtu / minggu. Setelah olahraga pagi, saya dan suami langsung cuss ke pasar yang Cuma 5 menit dari rumah kami, beli ayam seekor, saya minta bagian dada di fillet, dan bagian lain dipotong kecil – kecil.  Kalau beli ayam di pasar, biasanya saya bersihkaan lagi di rumah karna masih ada sisa – sisa bulu halus, kalau di supermarket, langsung saya rebus.Bagian yang direbus adalah semua bagian kecuali dada ayam, apabila ada ati dan ampela, biasanya saya rebus terpisah. Karena menurut saya kaldu ati ampela itu butek banget, jadi sayang kalau mengotori kaldu yang akan saya simpan.  Jangan lupa tambah garam saat merebus ya, setelah itu air rebusan pertama, saya buang dan saya rebus sekali lagi, sambil sesekali dibuang buih – buihnya. Air rebusan kedua ini biasanya saya simpan untuk kuah sop. Apalagi kalau kaldu ayam kampung / pejantan. Wuihhh makin gurih. Untuk ayam pejantan / ayam kampung rebusan kedua sekitar 30 menit, supaya saat memasak nanti tidak terlalu lama. Setelah selesai di rebus, daging ayam saya angkat dan dinginkan lalu diplastikin per porsi masakan, biasanya, balungan, ceker, kepala saya jadikan satu untuk campuran kuah sop. Pembungkusan perporsi ini dimaksudkan agar ayam tahan lama dan mudah dalam memasaknya, karna daging ayam ini akan saya simpan di frezer. Saat akan dimasak keesokan hari nya, semalam sebelumnya biasanya saya keluarkan sebentar sampai mencair, lalu saya pindahkan ke chiller. Kalau ayam mentah ataupun yang sudah direbus disimpan di frezer bisa tahan sebulan bahkan lebih, Tapi kalau ayam mentah disimpan di chiller Cuma tahan 3-4 hari, kalau direbus, belum pernah coba sih. Kalau 1 ayam kita simpan dalam 1 plastik, saat akan mencairkan es nya jadi lama, dan ayam yang bolak balik keluar masuk frezer juga ga bagus.

Nah untuk dada ayam fillet, tergantung mau dimasak apa, kalau mau ditepungin kaya dibikin ayam pop, asam manis, chicken strip, biasanya saya cuci lalu dipotong sesuai kebutuhan dan saya bumbui kecap asin, saus tiram, merica lalu simpan di kotak makanan dan dimasukkan frezer atau dimasukin ke plastik sesuai porsi, saat mau masak tinggal diambil per sekali masak.

Kenapa saat merebus ayam  ga langsung diungkep bumbu aja biar praktis dan tinggal goreng? itu juga bisa. Tapi saya kurang suka memasak ayam seperti itu. Kalau untuk ayam goreng saya lebih suka saat akan digoreng baru dicelup bumbu. Karena menurut saya, cara masak seperti ini ayam goreng jadi lebih garing dan tidak mengotori minyak goreng. Selain itu ga semua ayam saya masak ayam goreng.

Nah untuk ikan, saya ga terlalu suka ikan, apalagi ikan air tawar di Jakarta seringnya bau tanah. Paling kalau beli ikan sih ya lele aja. Kemarin coba beli kembung dan tongkol segar. Kadang bandeng presto. Kalau untuk ikan karena saya Cuma doyan digoreng, jadi ya langsung aja setelah dibersihkan dan dikerat, saya bumbui dengan bumbu kuning, Bawang putih, garam, kunyit, ketumbar dan vetsin kalau suka, tambahkan sedikit air dan blender sampai halus lalu lumurkan pada ikan. Ikan saya kerat banyak biar garing dan bumbu lebih meresap. Nah biasanya setelah saya bumbuin, saya diamkan dulu beberapa jam. Baru saya plastikin per porsi dan simpan di kulkas. Saat disimpan bumbu yang tidak menempel pada ikan tak perlu disertakan karena nanti bikin makin asin. Nah biasanya bumbu ini saya buat 2 porsi pertama untuk ikan yang kedua untuk disimpan untuk bumbu tahu atau tempe dan ayam goreng.

Kami jarang makan udang atau cumi karena suami ga begitu suka, daging sapi pun dia lebih memilih ayam. Yasudah.. irit lah ya.. selain ayam dan ikan, saya juga stok tahu dan tempe. Untuk tahu tempe biasanya saya bacem atau digoreng biasa atau ditepungin. Kalau digoreng / ditepungin sih saya biasa pakai bumbu kuning diatas. kalau bacem biasanya weekend dan weekday tinggal goreng aja. Untuk bumbu bacem : Bawang merah 5, bawang putih 3, ketumbar, garam, diuleg, tambahkan kaldu bubuk dan rebusnya pakai air kelapa biar warnanya pas digoreng coklat cakep, gula jawa, salam, laos jangan lupa, masak sampai air tinggal sedikit sambil sesekali diaduk agar bumbunya merata.

Kedua, masalah perbumbuan, Untuk santan, biasanya saya pakai kara santan bubuk. Nah untuk bumbu stok seperti minyak bawang dan baceman bawang. bawang putih dan bawang merah bisa langsung beli yang udah dikupas, lalu masukin ke kulkas, kalau mau pakai tinggal cuci.

Baceman bawang, biasanya untuk nasi goreng, mie goreng, capcay, tumisan, resepnya :

18835930_10211800878034704_8424442483877684372_n

10 butir bawang putih +1 butir kemiri diuleg kasar. Masukan ke toples kering tambahkan minyak goreng secukupnya, jika ada ditambah minyak wijen lebih wangi. Tutup toples, taruh di suhu ruangan. Setelah 1-2 hari bisa langsung dipakai. Tahan seminggu lebih. Tapi Lebih baik Bikin secukupnya saja.

Tips : supaya ga gampang jamuran, bawang putih harus benar2 kering (tak ada air), biasanya aku beli bawang putih kupas di pasar, cuci, jemur d ruangan, bawang putih juga harus yg bagus. di dalam toples juga ga boleh ada air, waktu ngambilnya sendoknya jg harus bersih dan kering.

Minyak bawang, Bikin masakan kuah lebih wangiiiii.

18951106_10211800959596743_4256233618104977176_n

Bawang putih 10 butir, geprek, cincang kasar, goreng dalam minyak panas sampai matang, angkat tiriskan, setelah minyak dingin. Masukan bawang goreng+minyak dalam toples, simpan di suhu ruang. Kenapa harus diangkat trus dicampur lagi?takutnya klo baput dibiarin di minyak panas malah gosong, bikin paittttt, klo bikin kuah bakso atau sop, tinggal rebus air, tambahin minyak bawang+baput gorengnya, merica bubuk, kaldu bubuk, garam.

Untuk bumbu – bumbu lain yang sering saya pakai adalah :

Minyak wijen cap matahari, ini biasanya aku pakai kalau lagi masak chinese food, masukinnya pas mau mateng, fungsinya buat aroma sih. Masak capcay kuah ditambah minyak wijen jadi wangiii banget. kaldu ayam bubuk merk Knorr, yang ini paksu beli 1 kg. Ga habis habis dari awal nikah sampai sekarang. kaldu jamur bubuk merk Totole, merica bubuk ladaku (merk lain bohong banget mericanya), kecap asin ABC, biasanya buat bumbuin ayam fillet, pengganti garam, masak chinese food, Kecap Inggris ABC, karakternya asin dan sedikit asam, biasanya untuk ayam goreng mentega dan chinese food. Madu, Saus Tomat dan saus pedas, lupa merk.hehe , saus tiram saori, mayonaise, saus thausand island, kecap manis bango, saus blackpeper lupa merknya, margarin forvita, bumbu sop padang, biasanya saya pakai untuk bikin soto bening, gurih dan wangi. Kalau yang lain standar sih.

Ketiga, sayur mayur, Kalau untuk sayur, pernah nyobain dicuci, dipotong, plastikin per porsi, jadinya lebih cepet busuk. Jadi aku ga bikin lagi. Palingan kalau mau masak, malamnya aku potongin. Pagi dicuci langsung masak.

Keempat, untuk pertepungan. Aku biasa pakai terigu tanpa merk, sagu tanpa merk, maizena lupa merk (buat mengentalkan), tepung bumbu sasa original atau spicy, tepung roti kasar lupa merk. Nah buat ayam tepung macam kfc atau buat spicy chicken ala korea, atau sesederhana chicken strip dan ayam pop, saya pakai campuran tepung 2 (tepung bumbu) : 1 (terigu) : 1/2 (maizena, kadang2 aja), celup ke tepung nasah- balut tepung kering – celup tepung basah – balut tepung kering, kibas pelan. Oya kalau masak pakai tepung gini, enakan ayamnya mentah, karena lebih juicy, agar dalamnya matang tapi luarnya ga gosong, please masak pakai minyak banyak dan panas, saat ayam sudah masuk kecilkan api. jangan sering dibolak balik. apalagi kalau pakai tepung roti, itu dagingnya jangan tebel – tebel, karna tepung rotinya cepet gosong ceu.

Untuk camilan yang bisa distok nanti akan saya posting terpisah kali ya,

 

 

 

Advertisements

Resep Spicy Chicken – Ayam Dingin Segar

Halo urban mama, pernah denger istilah Ayam dingin segar?

Kalau baru denger, coba deh saya tanya, pernah belanja ayam segar di supermarket? Ayamnya pasti disimpan dalam tumpukan es, ataupun frezer.  Nah itulah Ayam dingin segar. Jadi ayam dingin segar adalah daging ayam yang diproduksi dengan cara pendinginan atau pembekuan. Mulai dari penyembelihan sampai ke tangan kita, daging ayam dijaga dalam keadaan dingin (suhu 0 – 4°C).

Kok beku sih? Kenapa? Tahu kan kalau Indonesia itu beriklim tropis dimana bakteri sangat mudah tumbuh, apalagi di daging – daging an. Nah pendinginan / pembekuan ini merupakan cara yang baik untuk menjaga kesegaran daging ayam, serta menghambat pertumbuhan kuman.

Sebagai working wife, alias istri yang bekerja Ayam dingin segar ini ngebantu banget. Membuat hidup saya lebih praktis karena saya tidak perlu ke pasar setiap hari untuk membeli daging ayam segar. Cukup stok daging ayam seminggu sekali. Karena semua penanganannya dalam keadaan dingin, hal ini membuat daging ayam tetap segar. Bahkan setelah disimpan selama 2 hari di chiler dan 6 bulan di frezer, Selain itu juga serbaguna, saat membeli biasanya saya akan minta ke petugasnya untuk memfillet bagian dada, dan memotong kecil kecil di bagian lain, untuk penyimpanan tidak perlu lagi dibersihkan karena mencuci daging ayam itu justru tidak disarankan karena bisa menyebarkan bakteri yang terdapat di daging ayam mnyebar melalui cipratan air. Ga khawatir kotor tuh kalau ga dicuci? Enggak dong, kan saat beli secara fisik sudah bersih. Beneran loh, beberapa kali saya bandingkan beli ayam dingin segar di supermarket lebih bersih, terbukti juga dari air rebusan / air kaldu yang lebih bersih jika dibandingkan dengan ayam yang dibeli di pasar tradisional. Ditambah lagi penangannya dalam suhu 0-4°C sehingga membuat bakteri tidak mudah tumbuh, asal kita tetap menjaga rantai dinginnya. Keunggulan lainnya dari ayam dingin segar ini adalah kita jadi lebih hemat, karena harganya yang cenderung stabil dan biasanya banyak promo kalau di supermarket, bandingkan jika saya biasa membeli daging ayam segar di pasar dengan harga 30rb/ ekor, yang kadang harganya musiman, kalau pas lagi ramadhan dini naik, sedangkan harga daging ayam dingin segar promo stabil di harga 23rb/ekor. Kan lumayan mak sisa 7rb nya bisa dikumpulin buat beli lipstik baru. Hahahaha.

Nah itu celoteh panjang saya tentang ayam dingin segar, sekarang saya akan berbagi resep ala korea dengan menggunakan ayam dingin segar yaitu Korean spicy chicken dan salad ala ala hokben Modifikasi resep dari mb diah didi. Favorit saya dan suami.

IMG-20170516-WA0010

Spicy Chicken
Bahan :
1. 2 potong paha dan 2 potong sayap dari ayam dingin segar
2. Tepung bumbu 3 sdm munjung
3. Tepung terigu 4 sdm munjung
4. Air secukupnya
Bumbu Rendaman :
1. Saus Tiram 1 sdm
2. Kecap asin 1 sdt
3.Kaldu bubuk non msg 1/2 sdt
4. Gula pasir 1/2 sdt
5. Merica secukupnya
6. Garam secukupnya
7. Air 2sdm

Saus :
1. 1 sdt kecap
2. 1sdt madu
3. 1 Sdm saus tomat
4. 3 sdm saus sambal
5. Bawang putih 2 siung, bawang merah 2 siung, uleg halus
6. Merica bubuk 1/2 sdt.
7. Kaldu bubuk 1/2 sdt
8. Air 4 sdm
9. Saus tiram 1 sdm
10. Mentega 1 sdm

Cara membuat:
1. Rendam ayam dalam bumbu selama semalaman (masukan di chiler kulkas) atau min 20 menit.
2. Buat adonan tepung basah dari campuran tepung bumbu dan tepung terigu, ambil 2 sdm campuran tepung + air secukupnya. Sampai teksturnya encer.
3. Celup ayam ke adonan tepung basah, celup ke tepung kering sampai terlapisi semua, celup ke tepung basah, lalu celup ke tepung kering lagi. Tebas pelan2, sampai tepung yang tidak menempel rontok.
4. Lalu goreng dalam minyak panas sampai golden brown. Tiriskan.
5. Panaskan margarin, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, tambahkan semua bahan saus, dan masak dengan api kecil, koreksi rasanya. Jika sudah pas,
6. Masukan ayam dan aduk sampai bumbu tercampur rata. Bisa ditambah taburan wijen sangrai bila suka. Jika dirasa kurang pedas bisa ditambah cabe bubuk.

Resep Salad hokben
Bahan :
1. 1/2 buah wortel iris tipis memanjang seperti batang korek api
2. Kol muda (yang berwarna putih) iris lembut.
3. Garam 1/2 sdt
4. Gula 1 sdt
5. Cuka masak 1 sdt.
Cara membuat :
Campur semua bahan aduk aduk sambil sedikit diremas, Sisihkan.

Bahan Saos salad :
1. Mayonaise
2. Saos tomat / saus pedas
3. Gula 1/3 sdt .
Cara mrmbuat :
Campur semua bahan, aduk aduk..

IMG-20170516-WA0018

Korean spicy chicken siap disajikan dengan nasi dan salad. Yumm….
Ayam dingin segar, Sehat Praktis Serbaguna. I love Ayam dingin segar.

Resep Chicken Black Pepper – Ayam Dingin Segar

Halo urban mama, pernah denger istilah Ayam dingin segar?

Kalau baru denger, coba deh saya tanya, pernah belanja ayam segar di supermarket? Ayamnya pasti disimpan dalam tumpukan es, ataupun frezer.  Nah itulah Ayam dingin segar. Jadi ayam dingin segar adalah daging ayam yang diproduksi dengan cara pendinginan atau pembekuan. Mulai dari penyembelihan sampai ke tangan kita, daging ayam dijaga dalam keadaan dingin (suhu 0 – 4°C).

Kok beku sih? Kenapa? Tahu kan kalau Indonesia itu beriklim tropis dimana bakteri sangat mudah tumbuh, apalagi di daging – daging an. Nah pendinginan / pembekuan ini merupakan cara yang baik untuk menjaga kesegaran daging ayam, serta menghambat pertumbuhan kuman.

Sebagai working wife, alias istri yang bekerja Ayam dingin segar ini ngebantu banget. Membuat hidup saya lebih Praktis karena saya tidak perlu ke pasar setiap hari untuk membeli daging ayam segar. Cukup stok daging ayam seminggu sekali. Karena semua penanganannya dalam keadaan dingin, hal ini membuat daging ayam tetap Segar. Bahkan setelah disimpan selama 2 hari di chiler dan 6 bulan di frezer, Selain itu juga Serbaguna, saat membeli biasanya saya akan minta ke petugasnya untuk memfillet bagian dada, dan memotong kecil kecil di bagian lain, jadi saat mau memasak hanya perlu diturunkan dari frezer ke chiler dan tinggal plung plung. Sangat pas untuk masakan ala Indonesia, chinese maupun western food.  Untuk penyimpanan tidak perlu lagi dibersihkan karena mencuci daging ayam itu justru tidak disarankan karena bisa menyebarkan bakteri yang terdapat di daging ayam mnyebar melalui cipratan air. Ga khawatir kotor tuh kalau ga dicuci? Enggak dong, kan saat beli secara fisik sudah bersih. Beneran loh, beberapa kali saya bandingkan beli ayam dingin segar di supermarket lebih bersih, terbukti juga dari air rebusan / air kaldu yang lebih bersih jika dibandingkan dengan ayam yang dibeli di pasar tradisional. Ditambah lagi penangannya dalam suhu 0-4°C sehingga membuat bakteri tidak mudah tumbuh, asal kita tetap menjaga rantai dinginnya. Keunggulan lainnya dari ayam dingin segar ini adalah kita jadi lebih hemat, karena harganya yang cenderung stabil dan biasanya banyak promo kalau di supermarket, bandingkan jika saya biasa membeli daging ayam segar di pasar dengan harga 30rb/ ekor, yang kadang harganya musiman, kalau pas lagi ramadhan dini naik, sedangkan harga daging ayam dingin segar promo stabil di harga 23rb/ekor. Kan lumayan mak sisa 7rb nya bisa dikumpulin buat beli lipstik baru. Hahahaha.

Nah itu celoteh panjang saya tentang ayam dingin segar, Kali ini saya akan share resep praktis nan menggoda untuk bekal anak sekolah atau bekal suami ke kantor atau yang masih jomblo, bekal buat diri sendiri.
Chicken Black peppaaa..
Bahan :
1. Ayam dingin segar bagian dada, buang tulangnya dan potong dadu.
2. Saus lada hitam instan
3. Saus tiram 1 sdt
4. Garam sejumput kecil
5. Bawang bombay 1 buah potong kotak
6. Paprika merah setengah buah, potong kotak
7. Air sedikit
8. Minyak goreng untuk menumis.
9. Bawang putih 2 siung, geprek lalu cincang

Cara membuat :
1. Tumis bawang putih sampai harum, masukan bawang bombay. Aduk sampai agak layu.
2. Masukan potongan ayam lalu tambahkan saus lada hitam, saus tiram, garam, air. Airnya dikit aja, karena nanti air kaldu dari daging ayamnya keluar.
3. Masak sampai ayam berubah warna dan kaldu ayam keluar.
4. Tambahkan paprika. Aduk aduk dan diamkan sebentar, paling 1 menit lah.
5. Angkat dan sajikan.


15219597_10209991414159238_7965958412837191759_n

Mudah dan praktis kan? yuk smart mom mulai hari ini konsumsi Ayam dingin segar, untuk info dan tips serta resep seputar daging ayam, silahkan kunjungi web https://ayamdinginsegar.com/

Resep Garang Asem – Ayam Dingin Segar

Halo urban mama, pernah denger istilah Ayam dingin segar?

Kalau baru denger, coba deh saya tanya, pernah belanja ayam segar di supermarket? Ayamnya pasti disimpan dalam tumpukan es, ataupun frezer.  Nah itulah Ayam dingin segar. Jadi ayam dingin segar adalah daging ayam yang diproduksi dengan cara pendinginan atau pembekuan. Mulai dari penyembelihan sampai ke tangan kita, daging ayam dijaga dalam keadaan dingin (suhu 0 – 4°C).

Kok beku sih? Kenapa? Tahu kan kalau Indonesia itu beriklim tropis dimana bakteri sangat mudah tumbuh, apalagi di daging – daging an. Nah pendinginan / pembekuan ini merupakan cara yang baik untuk menjaga kesegaran daging ayam, serta menghambat pertumbuhan kuman.

Sebagai working wife, alias istri yang bekerja Ayam dingin segar ini ngebantu banget. Membuat hidup saya lebih Praktis karena saya tidak perlu ke pasar setiap hari untuk membeli daging ayam segar. Cukup stok daging ayam seminggu sekali. Karena semua penanganannya dalam keadaan dingin, hal ini membuat daging ayam tetap Segar. Bahkan setelah disimpan selama 2 hari di chiler dan 6 bulan di frezer, Selain itu juga Serbaguna, saat membeli biasanya saya akan minta ke petugasnya untuk memfillet bagian dada, dan memotong kecil kecil di bagian lain, Jadi kalau maska tinggal plung, dan bisa diolah menjadi aneka olahan ayam baik secara tradisional maupun ala resep mancanegara. Untuk penyimpanan tidak perlu lagi dibersihkan karena mencuci daging ayam itu justru tidak disarankan karena bisa menyebarkan bakteri yang terdapat di daging ayam menyebar melalui cipratan air. Ga khawatir kotor tuh kalau ga dicuci? Enggak dong, kan saat beli secara fisik sudah bersih. Beneran loh, beberapa kali saya bandingkan beli ayam dingin segar di supermarket lebih bersih, terbukti juga dari air rebusan / air kaldu yang lebih bersih jika dibandingkan dengan ayam yang dibeli di pasar tradisional. Ditambah lagi penangannya dalam suhu 0-4°C sehingga membuat bakteri tidak mudah tumbuh, asal kita tetap menjaga rantai dinginnya. Keunggulan lainnya dari ayam dingin segar ini adalah kita jadi lebih hemat, karena harganya yang cenderung stabil dan biasanya banyak promo kalau di supermarket, bandingkan jika saya biasa membeli daging ayam segar di pasar dengan harga 30rb/ ekor, yang kadang harganya musiman, kalau pas lagi ramadhan dini naik, sedangkan harga daging ayam dingin segar promo stabil di harga 23rb/ekor. Kan lumayan mak sisa 7rb nya bisa dikumpulin buat beli lipstik baru. Hahahaha.

Biasanya sehari sebelum dimasak, ayam dingin segar saya turunkan dari frezer ke chiler agar saat dimasak tidak dalam keadaan beku, dan lebih mudah mengolahnya.

Nah itu celoteh panjang saya tentang ayam dingin segar, sekarang saya akan berbagi resep pertama saya dengan menggunakan ayam dingin segar yaitu Garang Asem..
Bahan :
1. Bawang merah 4 siung, iris tipis
2. Bawang putih 3 siung, iris tipis
3. Cabe rawit utuh 5 buah
4. Daun salam 3 buah
5. Lengkuas 2 potongan tipis
6. Gula pasir 1 sdt
7. Garam 1/2 sdt
8. Vetsin secukupnya bila suka
9. Tomat hijau 2 buah iris kecil-kecil
10 belimbing wuluh 2 biji, iris tipis
11. Air kaldu secukupnya ( air rebusan tulang ayam atau bisa diganti dengan kaldu bubuk + air)
12. Minyak goreng untuk menumis
13. Ayam dingin segar  1/2 kg yang telah diturunkan dari frezer (tidak dalam keadaan beku ) potong kecil – kecil.
Cara membuat :
1. Tumis bawang merah, bawang putih, salam, lengkuas sampai wangi
2. Masukan air kaldu, tunggu sampai hampir mendidih, lalu masukan ayam dingin segar.
3. Masukan tomat n belimbing wuluh.
4. Tambahkan, garam, gula, vetsin
5. Koreksi rasa. angkat dan sajikan.

14721596_10209691530422332_747431300328755007_n

Mudah dan praktis kan? yuk smart mom mulai hari ini konsumsi Ayam dingin segar, untuk info dan tips serta resep seputar daging ayam, silahkan kunjungi web https://ayamdinginsegar.com/

Bihun Goreng

Selamat sarapan …
tadi sempat khawatir bihunnya bakalan jadi lembek karena terlalu lama direndam dalam air panas, ternyata semua baik – baik saja. beruntunglah tekstur bihunnya masih kenyal.

Image

Bahan :

  1.        Bihun 1 papan
  2.        Wortel potong korek api
  3.        Daun bawang 1 lenjer
  4.        Bawang goreng
  5.        Telor 1 butir
  6.        Seledri dicincang kasar
  7.        Saus tiram 1 sdm
  8.        Bumbu uleg : bawang putih 3 siung, merica 15 butir, garam secukupnya (lebih baik sedikit saja, karena saus tiram rasanya gurih.)
  9.        Margarin untuk menumis
  10.        Kecap hitam

Cara membuat

  1.        Panaskan margarin lalu tumis bumbu halus sampai wangi
  2.        Masukkan daun bawang, aduk sampai layu lalu masukan wortel
  3.        Tambahkan air sedikit, dan saus tiram, aduk.
  4.        Masukan telur lalu orak – arik. Cicip rasanya.
  5.        Setelah sayuran matang, masukan bihun, tambahkan kecap lalu
  6.        Aduk agar merata,masak sampai tanak
  7.        Angkat dan sajikan
  1.        Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng dan seledri.

Tahu Segar

Tahu Segar. yang ini adalah edisi pengen ngemil saat sakit tenggorokan. a healthy snack. looks like gehu or tahu susur but no wheat flour and fatty oil.

Image

Bahan :

  1.        Tahu pong 4 buah
  2.        Wortel 2 buah iris korek api
  3.        Tauge 2 genggam
  4.        Bawang putih 2 siung, cincang
  5.        Bawang merah 3 siung, cincang
  6.        Merica bubuk
  7.        Garam secukupnya
  8.        Gula secukupnya
  9.        Penyedap rasa
  10.        Air sedikit

Cara memasak :

  1.        Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2.        Masukan tauge dan wortel, tambahkan air, aduk
  3.        Tambahkan garam, gula, merica dan penyedap rasa
  4.        Masak sampai sayuran empuk. tunggu agak dingin, lalu
  5.        Masukan ke dalam tahu pong yang telah dibelah tengah.
  6.        Tambahkan seledri sepetikan, sajikan dengan cabe rawit.

Chicken Katsu Saus Teriyaki

Niatnya sih bikin KFC bento.hihi.. krispy dari chicken katsu yang disiram dengan legitnya saus teriyaki ditambah segarnya acar wortel *better if you put Hokben’s Salad on it.

Image

Bahan :

Chicken katsu :

  1.        Dada ayam fillet 1 buah
  2.        Tepung 1 : Tepung terigu 2 sdm + air
  3.        Tepung 2 : Tepung terigu 2 sdm + 3 sdm tepung bumbu, campurkan kering
  4.        Merica bubuk
  5.        Garam
  6.        Minyak goreng
  7.        Jeruk nipis ½ biji

Saus :

  1.        Bawang bombay 1/6 buah
  2.        Bawang putih 1 siung
  3.        Saus teriyaki 1/2 sdt
  4.        Saus tiram ½ sdt
  5.        Larutan maizena 1 sdm
  6.        Air secukupnya

Cara membuat :

  1.        Lumuri ayam dengan jeruk nipis, garam dan merica secukupnya. Diamkan 10 menit
  2.        Masukan ke campuran tepung 2 sampai terbalut semua
  3.        Lalu celupkan ke tepung 1 dan kembali celupkan ke tepung 2
  4.        Tebaskan sisa tepung yang tak menempel agar tak mengotori minyak
  5.        Goreng dalam minyak panas dan banyak, saat ayam sudah masuk ke penggorengan kecilkan apinya.
  6.        Goreng sampai kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Saus :

  1.        Cairkan margarin
  2.        Tumis bawang bombay dan bawang putih dalam margarin
  3.        Tambahkan air
  4.        Masukan saus teriyaki dan saus tiram, masak sampai mendidih dan icipin
  5.        Tambahkan larutan maizena untuk mengentalkan.
  6.        Masak sampai meletup letup dan angkat

Saran penyajian :

  1.        Potong chicken katsu sesuai selera
  2.        Letakkan diatas nasi panas dalam mangkok
  3.        Siramkan saus diatasnya.
  4.        Sajikan dengan acar wortel atau salad ala hokben.

Hot Chicken Steak

Hot Chicken Steak, Steak ayam dengan rasa yang pedas disiram dengan saus ala Warung Steak n Shake. huah kalau habis yoga makan ginian kira – kira ngefek ga yah?aiaiaia…

Image

Bahan :

Chicken steak :

  1. Dada ayam fillet 2 buah
  2. Tepung 1 : Tepung terigu 2 sdm + air
  3. Tepung 2 : Tepung terigu 2 sdm + 3 sdm tepung bumbu, campurkan kering
  4. Merica bubuk
  5. Garam
  6. Minyak goreng

Cara membuat :

  1. Lumuri ayam dengan  garam dan merica secukupnya. Diamkan 10 menit
  2. Masukan ke campuran tepung 2 sampai terbalut semua
  3. Lalu celupkan ke tepung 1 dan kembali celupkan ke tepung 2
  4. Tebaskan sisa tepung yang tak menempel agar tak mengotori minyak
  5. Goreng dalam minyak panas dan banyak, saat ayam sudah masuk ke penggorengan kecilkan apinya.
  6. Goreng sampai kecoklatan, tiriskan.

Saus :

1. bawang putih 3 siung, cincang

2. bawang merah 2 siung, cincang

3. bawang bombai 1/4 butir, cincang

4. saus tiram 1 bungkus

5. saus bangkok, bisa diganti saus tomat/pedas manis

6. kecap manis

7. merica bubuk sesuai selera

8. garam 1/2 sdt

9. gula 1/2 sdt

10. tomat 1 buah kecil, rebus, buang biji dan kulitnya lalu cincang

11. margarin untuk menumis

12. larutan maizena untuk mengentalkan

cara membuat :

1. tumis bawang merah,putih dan bombai dengan margarin cair sampai harum.

tambahkan air, masukan tomat dan bumbu bumbu lain.didihkan

2. kentalkan dengan larutan maizena, masak sampai meletup – letup.

3. angkat dan saring.

saran penyajian :

1. tata daging diatas piring saji

2. tambahkan saus

3. tambahkan pelengkap wortel rebus dan kentang goreng

porsi 2 orang, bumbu silahkan disesuaikan selera

Bihun Kuah Oriental

Image

Bahan :

  1. Bihun 1 papan, rendam dalam air mendidih beri sedikit minyak goreng, setelah empuk, angkat lalu tiriskan.
  2. Wortel iris panjang seperti korek api. 1 buah
  3. Kol iris memanjang ¼ buah
  4. Daun bawang 1 lenjer
  5. Bawang goreng
  6. Sosis iris serong 3 buah
  7. Telor 1 butir
  8. Seledri dicincang kasar
  9. Kecap ikan ½ sdm
  10. Saus tiram 1 sdm
  11. Bumbu uleg : bawang putih 3 siung, merica 20 butir, garam secukupnya (lebih baik sedikit saja, karena kecap ikan rasanya asin dan saus tiram rasanya gurih.)
  12. Margarin untuk menumis

Cara membuat :

  1. Panaskan margarin lalu tumis bumbu halus sampai wangi
  2. Masukkan daun bawang, aduk sampai layu lalu masukan wortel dan kol
  3. Tambahkan air (agak banyak, karena ini masakan berkuah), kecap ikan saus tiram, aduk.
  4. Masukan telur lalu orak – arik. Cicip rasanya.
  5. Setelah sayuran matang, masukan bihun
  6. Aduk agar merata,
  7. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng dan seledri.

Pancake tanpa telur saus coklat

pancake time..pancake sehat ga pake telur nih *aslinya gara – gara ngirit* hahaha

Image

Bahan :

  1. Terigu 100 gr (tanpa merk, biasa beli di warung kelontong)
  2. Margarin cair 1 sdm (dari ½ sdm margarin palmia dipanaskan)
  3. ½ sdt baking powder double acting
  4. 2 sdm susu bubuk full cream (dancow)
  5. Air secukupnya
  6. Gula 1 sdm
  7. Garam sedikit
  8. Vanilla bubuk 1/2 sdt (boleh di skip, penambah aroma)

Cara membuat :

  1. Campur Terigu, baking powder double acting, susu bubuk full cream, Gula, Garam sedikit, Vanilla aduk rata
  2. Tambahkan air dan mentega cair, aduk sampai tidak ada pentolan tepung dan adonan berbentuk seperti lumpur, jangan terlalu encer dan kental.
  3. Panaskan sedikit margarin diatas teflon, sedikit saja. Kalau kebanyakan membuat pancake menjadi berminyak. Tuangkan 1 sendok sayur adonan diatas teflon
  4. Masak sampai agak coklat dan bagian atas permukaannya bolong bolong
  5. Balik dan masak sisi sebaliknya sampai coklat. Lalu angkat
  6. Sajikan dengan saus coklat : coklat merk apa saja tim diatas panci sampai meleleh sambil terus diaduk agar tidak gosong. Atau bisa diganti creamer coklat. Taburi sprinkle diatasnya

Catatan : cara mengetim : didihkan air diatas panci besar lalu letakkan panci kecil berisi coklat yang sudah dipotong kecil – kecil di dalam air mendidih.